" 8 hal yang harus ada ketika Anda pertama kali bekerja " KJA Kuncara, KAP Kuncara, KAP KKSP Jakarta
Mendapatkan pekerjaan pertama bagi para Fresh Graduate akan menjadi momen
memorable yang akan menjadi pondasi berikutnya.
Ada beberapa hal yang harus Anda miliki dan kembangkan seperti dilansir
dari laman Entrepeneur , Senin 1/6/2015 :
1.
Berpikiran
terbuka
Bagi Anda yang baru memasuki dunia kerja pertama
kali pasti akan dihadapkan dengan beragam permasalahan, dari adaptasi
lingkungan kerja, adaptasi dengan teman yang beraneka tipe dan karakter,
adapatasi dengan jam kerja, dll. Salah satu cara tercepat dan tersukses kalau
Anda ingin menjadikan kantor pertama Anda menyenangkan, “ Open Up your Mind “,
Berpikir lebih terbuka, open – minded dan mau belajar memahami dengan
lingkungan kantor yang baru,sehingga kita akan lebih mudah adaptasi dan
diterima serta bisa menjadi bagian dari kantor. Yang paling penting lagi, attitude
Anda di kantor adalah Faktor Utama keberhasilan Anda dalam menekuni dunia
kerja.
2.
Punya visi
yang jelas
Cobalah bertukar pandangan dengan Atasan Anda
terutama tentang makna Kesuksesan, Prioritas utama harus bisa berjalan selaras
dengan tujuan kantor Anda.
3.
Kolaboratif
Cobalah pahami makna kerjasama terutama dengan
rekan sekantor. Jika Anda kesulitan bekerja sama, maka Anda akan merasakan
panjangnya waktu adaptasi dan itu akan mempersulit Anda kedepannya. Juga
biasakan bersikap PROFESSIONAL dalam bekerja. Pisahkan urusan pribadi dan
kantor ketika Anda sedang bekerja. Ketika terjadi konflik di kantor, Anda akan
tetap bisa bersikap baik secara personal ke rekan kerja Anda.
4.
Sabar
Ketika Anda melakukan kesalahan di kantor pada
masa awal Anda bekerja, atasan Anda akan berusaha memaklumi dnegan tidak
meluapkan kemarahan yang meletup letup, Akan tetapi ingatlah, jadikan kesalahan
yang Anda buat itu sebagai sarana bersabar dan meraih pembelajaran supaya
kesalahan yang sama tidak akan Anda ulangi lagi.
5.
Fleksibel
Buktikan bahwa Anda bisa bersikap secara
profesional dengan tetap melakukan pekerjaan Anda secara maximal dan juga
serius, bahkan ketika Anda tidak menyukai pekerjaan yang diberikan kepada Anda.
Jadilah pekerja yang fleksibel dan profesional.
6.
Proaktif
Manfaatkan kekuatan diri Anda untuk berkontribusi
pada perusahaan tempat Anda bekerja. Jika di awal saat Anda bekerja, Anda belum
terlalu paham dengan job desk Anda, biasakanlah bertanya kepada Atasan Anda,
rekan kerja bahkan ke rekan kerja di luar divisi Anda jika mengharuskan demikian,
Atasan Anda akan melihat potensi diri Anda ketika Anda banyak bertanya mengenai
pekerjaan Anda yang baru, Hal ini akan menambah nilai plus dari Atasan dan juga
rekan kerja Anda.
7.
Rendah hati
Setiap orang tidak akan mampu meraih sukses
sendiri, Selalu ada tim pendukung yang kuat demi mencapai kesuksesan bersama.
Bersikap rendah hati akan membuat Anda terlihat sangat elegan dan akan membuat
rekan – rekan kerja Anda jatuh cinta kepada Anda dalam waktu singkat. Jadilah
pribadi yang menyenangkan ke setiap orang dan jika Anda berhalangan masuk
kantor, setiap orang akan sibuk mencari keberadaan Anda.
8.
Memiliki rasa
ingin tahu yang besar
Belajar tidak akan pernah ada batas kadaluarsanya,
Tetaplah berada di temapt Anda sekarang, dan lihat apa saja yang belum Anda
pelajari, Jadikan itu pemicu untuk mendapatkan kesuksesan baik secara individu
atau tim. Keingintahuan yang besar akan membawa dampak positif dalam kinerja
Anda.
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi rekan –
rekan semuanya.
Dari 3 hal yang dijadikan parameter dalam bekerja
yaitu Prestasi, Knowledge dan Attitude, Attitude – lah yang mendapat Peringkat
Tertinggi bagi perusahaan ketika ingin meng- hire karyawan baru. ~ dhe ‘ quote
Written by Adhe Sari, february 17, 2016
in order to spread the love in the working
condition.
Comments
Post a Comment