Nilai pelanggan - customer value
Selamat membaca …..
Semoga bermanfaat.
Nilai pelanggan atau nilai customer atau customer value adalah selisih antara manfaat yang diperoleh
customer dari suatu produk atau jasa dengan upaya dan pengorbanan yang
dilakukannya untuk mendapatkan dan menggunakan produk itu.
Suatu produk atau jasa yang dibeli customer dari perusahaan
semakin memuaskan jika customer itu mendapatkan value yang tinggi.
Bagi customer, value atau nilai produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan
memiliki dua dimensi:
·
Kinerja atau fitur produk dibandingkan dengan produk sejenis yang
ditawarkan pesaing perusahaan.
·
Harga atau cost. Dengan semakin banyaknya produk atau jasa
sejenis yang bersaing di pasar, cost atau pengorbanan memiliki arti yang lebih luas, tidak hanya
sebatas harga beli suatu produk. Sebagai contoh, kemudahan untuk
mengoperasikan, ketersedian suku cadang, layanan pascapembelian, dan biaya
pemeliharaan, merupakan unsur-unsur pengorbanan yang diperhitungkan oleh
customer, selain harga beli produk.
Dengan kata lain, customer berada dalam posisi "bisa
memilih".
Istilah customer value sangat populer dalam dunia bisnis masa kini yang sangat
kompetitif. Customer value semakin penting untuk dipertimbangkan oleh perusahaan dan
menjadi bagian integral strategi perusahaan, khusurnya dalam strategi pemasaran
produknya.
Sumber : http://www.warsidi.com/2009/12/nilai-pelanggan-customer-value.html
Supported by
KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) M. KUNCARA BUDI SANTOSA, SE, AK, MM, CA, CPA
KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) M. KUNCARA BUDI SANTOSA, SE, AK, MM, CA, CPA
Contact Person :
Jl. Godean km 5 , No.104 , Yogyakarta, Indonesia 55284
Telp/fax: (0274) 5305200
Hp : 081 704 300 91,
Pin BB : 7EC77DFD
Web : www.kapkuncara.com
Comments
Post a Comment